Asal Mula Nama Borneo

AsikBelajar.Com | Bila kita menyebut kata “Borneo” pikiran kita langsung kesebuah pulau besar yang ada di Indonesia bernama Kalimantan. Memang benar, Borneo adalah nama lain dari sebutan pulau Kalimantan. Tapi…tahukah kita asal mula nama borneo tersebut…?.

Asal Mula Kata Borneo
Disadur dari wikipedia tercatat bahwa Pulau Kalimantan ini dikenal di seluruh dunia dengan nama Borneo yaitu sejak abad ke-15 M. Nama Borneo itu berasal dari nama pohon Borneol (bahasa Latin: Dryobalanops camphora)yang mengandung (C10H17.OH) terpetin, bahan untuk antiseptik atau dipergunakan untuk minyak wangi dan kamper, kayu kamper yang banyak tumbuh di Kalimantan, kemudian oleh para pedagang dari Eropa disebut pulau Borneo atau pulau penghasil borneol. Kerajaan Brunei yang ketika datangnya bangsa Eropa ke wilayah Nusantara ini nama Brunei itu dipelatkan oleh lidah mereka menjadi “Borneo”[masih butuh rujukan lainnya] dan selanjutnya nama Borneo ini meluas ke seluruh dunia. Nama Pulau ini di identikkan dengan nama Kerajaan Brunei saat itu (Yaitu oleh para pedagang Arab, Eropa serta China) karena Kerajaan Brunei pada masa itu merupakan kerajaan yang terbesar di pulau ini, sehingga para pedagang dari seluruh penjuru dunia yang akan berkunjung ke Pulau ini yang ditujunya meraka adalah Kerajaan terbesar dipulau ini saat itu yaitu Kerajaan Brunei, sehingga pulau ini kemudian disebut Pulau Brunei yang oleh pedagang Eropa kemudian di pelatkan menjadi “Borneo”.

Info lainnya:
Banyak versi cerita yang berkembang di masyarakat, mulai dari kata “Born” dan “Neo” yang diartikan “baru lahir”.  Namun ada yang bercerita bahwa nama borneo berasal dari sebuah nama kapal yang pada suatu peristiwa beberapa abad yang lalu, terdapat sebuah kapal layar berbendera asing yang berlabuh di Bandar Alalak (pelabuhan Alalak) Kerajaan Banjar, Kalimantan Selatan. Rupanya kapal layar tersebut sebelumnya mengalami kerusakan berat sewaktu dalam perjalanan. Telah lama kapal itu diperbaiki, tetapi tidak juga membawakan hasil yang memuaskan. Kapal layar itu bernama “Borneo” dan di nakhodai oleh seorang kapten bernama “De Barito”.

Nah, silahkan diantara pembaca mau mengambil data yang mana.

Mengenal Kayu Borneol (Kamper)
Menurut Gusmailina (2015) bahwa Borneol adalah terpena alkohol menyerupai powder atau kristal yang berwarna putih (CHOH), menyerupai kamper, yang diperoleh dari batang pohon yang terdapat di Asia Tenggara, yang banyak digunakan dalam pembuatan wewangian, sebagai antiseptik dan lain-lain (Huo 1995). Di China dikenal dengan nama Bing pian’s yang berfungsi sebagai anti-inflammasi dan analgesik. Borneol alami hampir tidak pernah ditemukan di Eropah atau Amerika. Permintaan besar akan komoditi ini selalu datang dari China, karena China lebih awal memanfaatkan borneol ini dalam pengobatan dan kosmetika. Akan tetapi borneol yang umum digunakan di China adalah borneol yang berasal dari Cinnamommum. China menyebutnya juga sebagai Kalimantan kamper atau kapur barus Melayu atau camphol. Di Indonesia borneol berasal dari pohon Dryobalanops, termasuk ke dalam familia Dipterocarpaceae. Jenis ini banyak tersebar di Kalimantan
dan Sumatera serta beberapa pulau di kepulauan Riau. Namun belakangan ini jenis ini sudah jarang sekali ditemukan di Kalimantan, terutama species Dryobalanops aromatica.

Sumber:
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Kalimantan.
2. Gusmailina, (2015). Review: Borneol – potensi minyak atsiri masa depan. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON, Volume 1, Nomor 2, April 2015 ISSN: 2407-8050. Halaman: 259-264.
3. Berbagai sumber.

Keyword Terkait:
sejarah nama borneo, sejarah borneo kalimantan, sejarah awal borneo, asal usul borneo kalimantan, asal mula nama borneo, asal mula kata borneo

Baca Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *