Istilah Nama-Nama Waktu yang Ada Di Bumi

Akibat Rotasi Bumi

Istilah Nama-Nama Waktu yang Ada Di Bumi – AsikBelajar.Com.  Kita telah mengenal waktu satu hari satu malam yang lamanya 24 jam (ada yang mengatakan sebenarnya 1 hari = 23,9 jam). Waktu 24 jam ini adalah sehari semalam solar (Matahari) berdasarkan gerak semu Matahari dalam membuat satu revolusi lengkap. Sehari semalam sederal atau sideris adalah waktu bintang berdasarkan merembangnya titik Aries antara buta huruf mengenal mangsa-mangsa itu dengan melihat kedudukan rasi Waluku atau lintang Waluku (Orion). Berikut ini akan kita berikan pelbagai hari pekan di Jawa. Perhitungan waktu dengan lain satuan ukuran yang dipakai di Jawa ialah sebagai berikut:

  1. Satu pekan dari lima hari pasaran. Pasaran-pasaran ini adalah Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.
  2. Satu pekan dari enam Peringkelan dipakai dalam perhitungan mencari hari baik atau jelek. Keenam peringkelan itu ialah Tungle, Haryang, Warukung, Paningrim, Was, dan Mawulu. 
  3. Satu pekan dari 7 hari mingguan, yakni Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu. Nama hari Mingguan  ini  berasal  dari  bahasa Arab yang disebut Ahad dan  berarti  hari  pertama,  kedua,  ketiga  dan seterusnya. Pekan dari 7 hari adalah pekan yang umum, dipakai di seluruh dunia.   
  4. Satu pekan dari 210 hari adalah jumlah gabungan hari-hari mingguan (7). peringkelan (6), dan pasaran (5), terdiri dari 30 wuku. Wuku-wuku itu antara lain: Sinta, Landep, Wukir, Kurantil. Tuli. Gumbreg, Wariga, dan sebagainya. Misalnya, pada setiap wuku Landep dikenal susunan hari-hari: Mawulu, Pon Wrespati dan sebagainya. 
  5. Satu pekan dari 8 tahun yang disebut windu terdiri dari Alip. Ehe, Jimawal, Je, dai, Be, Wawu, dan Jimakir. 
  6. Satu pekan dari 100 tahun disebut abad.

Baca Artikel Lainnya:

One thought on “Istilah Nama-Nama Waktu yang Ada Di Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *