2 Macam Desain True Experimental Menurut Sugiyono

AsikBelajar.Com | Artikel ini diambil dari buku Prof Dr. Sugiyono Bab IV tentang Metode Penelitian Eksperimen. Dan ini membahas mengenai desain true experimental yang terbagi dalam dua macam bentuk, yaitu Posttest-Only Control Design dan Pretest-Posttest Control Group Design dengan uraian sbb:

A. Posttest-Only Control Design

pretest-only control design

Dalam design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Pengaruh adanya perlakuan (treatment) adalah (01: 02). Dalam penelitian yang sesungguhnya, pengaruh treatment dianalisis dengan uji beda, pakai statistik t-test misalnya. Kalau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka perlakuan yang diberikan berpengaruh secara signinkan.

B. Pretest-Posttest Control Group Design

pretest-posttest control group design
Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pretest yang baik bila nilai kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Pengaruh Perlakuan adalah (O2-O1)-(O4 O3).

Sumber:
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 114.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *