4 Alasan Seseorang Berminat untuk Berwirausaha

AsikBelajar.Com – Banyak sekali pendapat dalam beberapa artikel yang membahas tentang alasan kenapa seseorang melakukan kegiatan berwirausaha atau dengan kata lain, kenapa orang menjadi usahawan atau alasan untuk berwirausaha. Alasan yang diberikan penulis tersebut tentunya mempunyai dasar pengalaman maupun bahan bacaan yang berbeda pula, sehingga alas an yang ada menjadi beragam. Sudut padang bidang usaha yang digeluti juga akan mempengaruhi alasan yang dikeluarkan oleh penulis dalam memberikan alas an kenapa dia berminat untuk berwirausaha. Ada yang sudut padang berwirausaha dengan alas an berwirausaha sejak dini (dari segi waktu), ada alasan berwirausaha di bidang kuliner, ada alasan berwirausaha tanpa modal, dan banyak lagi alasan tergantung dari sudut pandang, bidang usaha, waktu dan kondisi keuangan yang ada.

Namun perlu kita sadari bahwa sifat dunia usaha sangat dinamis dengan perkembangan yang ada. Salah satu keadaan yang mempengaruhi tersebut adalah perkembangan teknologi yang ada. Contohnya adalah perkembangan aplikasi internet seperti Go-Jek. Dalam hal ini istilah umum yang digunakan saat ini adalah revolusi industri 4.0.

Pada artikel ini diberikan 4 (empat) tentang alasan seseorang berminat untuk berwirausaha. Alasan yang diberikan ini bersifat teoritis dari buku pendidikan kewirausahaan, sehingga diharapan alasan ini dapat bersifat general terhadap beberapa sudut pandang yang ada.

Adapun 4 (empat) alasan seseorang berminat untuk berwirausaha yang dikemukakan oleh Daryanto (2012:12) adalah :
1. Alasan keuangan, yaitu mencari nafkah, untuk menjadi kaya, untuk mencari pendapatan tambahan, sebagai jaminan stabilitas keuangan.
2. Alasan sosial, yaitu memperoleh gengsi/status, untuk dapat dikenal dan dihormati, untuk menjadi contoh bagi orang lain, agar dapat bertemu orang banyak.
3. Alasan pelayanan, yaitu untuk memberi pekerjaan kepada masyarakat, untuk menatar masyarakat, untuk membantu ekonomi masyarakat, demi masa depan keluarga.
4. Alasan pemenuhan diri, yaitu untuk menjadi mandiri, untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, untuk menghindari ketergantungan pada orang lain, untuk menjadi lebih produktif, dan untuk menggunakan kemampuan pribadi.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan pencerahan untuk kita para pelaku atau calon pelaku wirausaha.

Pustaka:
Daryanto, 2012. Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media. Hal. 12

Baca Artikel Lainnya:

Beri Komentar Terbaik Anda, tks