Bahan Pelatihan & Instrumen Supervisi Akademik K13 untuk KepSek & Pengawas

AsikBelajar.Com | Inilah postingan yang berkaitan dengan kegiatan supervisi akademik pada kurikulum 2013 (K13) materi untuk kepala sekolah dan pengawas serta instrumen-instrumen supervisi akademik untuk melakukan monitoring. Inilah materi tersebut yang terdiri dari 4 materi dan dapat di unduh/download:

Supervisi K13

Materi 1 (Satu):
Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang di dapat dari Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Isi materi pelatihan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Materi pelatihan merupakan muatan wajib yang digunakan oleh nara sumber, instruktur nasional dan kepala sekolah serta pengawas sekolah sasaran dalam meningkatkan kompetensi sesuai dengan tujuan pelatihan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Materi pelatihan kepala sekolah meliputi manajemen implementasi kurikulum 2013, supervisi akademik, manajemen kepemimpinan sekolah dan kepramukaan. Sedangkan materi pelatihan pengawas sekolah meliputi manajemen implementasi kurikulum 2013, supervisi akademik, supervisi manajerial dan kepramukaan.

Materi pelatihan ini merupakan salah satu sumber belajar sehingga peserta pelatihan diharapkan dapat memperkaya diri dengan referensi lain yang relevan. Materi yang disusun ini telah diupayakan untuk menjawab beberapa prinsip dan tujuan utama. Pertama, materi ini diharapkan dapat menunjang pengembangan kompetensi pengawas sekolah yang diturunkan dari kebutuhan pelaksanaan kurikulum 2013 pada seluruh level satuan pendidikan. Kedua, setiap materi menunjang sikap keberterimaan, pengetahuan, dan keterampilan serta menumbuhkan daya inisiatif untuk merencanakan strategi dan implementasi perencanaan, pelaksanaan, dan evalausi pengawasan dan pembinaan sekolah sesuai kebutuhan khas implementasi kurikulum 2013. Ketiga, materi yang dipelajari dapat mengurangi resistensi pada implementasi kurikulum pada tingkat satuan pendidikan. Keempat, seluruh materi pelatihan dapat berkontribusi positif terhadap pembentukan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang menunjang kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kelima, menyelaraskan seluruh kompetensi yang dikembangkan untuk menunjang penjaminan mutu kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013.

Isi materi juga diberikan beberapa contoh lengkap instrumen pelaksanaan kegiatan Supervisi Akademik tersebut.

Unduh/Download Materi 1 [Klik Disini]

Materi 2 (Dua):
Contoh Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum 2013/ K13, yang terdiri dari:
>Tabel Instrumen Supervisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/ RPP
>Tabel Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran
>Tabel Instrumen Supervisi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran

Unduh/Download Materi 2 [Klik Disini]

Materi 3 (Tiga):
Instrumen Supervisi Akademik yang terdiri dari Tabel Lampiran:
>Lampiran 1: Tabel Instrumen Penilaian Silabus
>Lampiran 2: Tabel Instrumen Penilaian RPP
>Lampiran 3: Tabel Instrumen Supervisi Kegiatan Pembelajaran
>Lampiran 4a: Tabel Instrumen Administrasi Pembelajaran (SD/SMP/SMA/SMK)
>Lampiran 4b: Tabel Instrumen Administrasi Khusus Guru BK (SMP/SMA/SMK)

Unduh/Download Materi 3 [Klik Disini]

Materi 4 (Empat):
Contoh Lain Instrumen Supervisi Kurikulum 2013/K13
>Form 1: Tabel Instrumen Penilaian RPP (Kurikulum 2013/ K13) SD/SMP/SMA/SMK
>Form 2: Tabel Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran (Kurikulum 2013/ K13) SD/SMP/SMA/SMK
>Form 3a: Tabel Instrumen Monitoing Administrasi Pembelajaran (Kurikulum 2013/ K13) SD/SMP/SMA/SMK
>Form 3b: Tabel Instrumen Monitoing Administrasi Khusus Guru BK (Kurikulum 2013/ K13) SD/SMP/SMA/SMK

Unduh/Download Materi 4 [Klik Disini]

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *