Bidikmisi: ini Penyimpangan Oknum Mahasiswa

AsikBelajar.Com | BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, diakses tgl.3/6/2018).

Sejak tahun 2010 Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional meluncurkan program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi berupa bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada 20.000 mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 Perguruan Tinggi Negeri. Bidikmisi merupakan salah satu program 100 hari kerja Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) yang dicanangkan pada tahun 2010.

Beberapa hari lalu, asikbelajar.com secara tidak sengaja bertemu dengan mahasiswa dari Universitas negeri dan swasta. Hasil wawancara dan observasi ada temuan Lapangan sbb:

1. Kuliah sering absen
Ada temuan di suatu universitas swasta, mahasiswa yang menerima uang beasiswa bidikmisi jarang masuk kuliah alias sering absen. Sejatinya mahasiswa tersebut harus mengusahakan untuk selalu hadir walaupun dengan segaka keterbatasannya, karena pemerintah sudah memperhitungkan biaya dan jarak tempuh rumah dengan tempat kuliahnya

2. Kemampuan Akademik tidak menggembirakan
Masih di universitas swasta, kemampuan akademis dari mahasiswa yang menerima uang beasiswa bidikmisi tidak sesuai dengan harapan pemerintah alias hasilnya seadanya. Oknum mahasiswa seolah tidak mempunyai rasa tanggungjawab kepada negara yang sudah membiayainya, padahal negara hanya ingin oknum mahasiswa tersebut belajar bersungguh-sungguh.

3. Tidak Kuliah tapi masih terima bantuan
Info dari mahasiswa penerima bidikmisi di universitas negeri mengatakan, selain jarang masuk kuliah, mahasiswa yang menerima uang beasiswa bidikmisi ada yang tidak lagi turun kuliah, namun masih dapat kiriman uang saku dari pemerintah.

Itulah temuan yang ada tentang bidikmisi. Semoga niat baik Bidikmisi akan ada perbaikan, sehingga akan tercapai sesuai tujuan awal yang dikehendaki.  Aamiin.

Baca Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *