Hal yang Wajib Dimiliki Oleh Wiraswastawan

AsikBelajar.Com | Bila kita mempunyai keinginan untuk membuka usaha atau berbisnis, selain mempersiapkan modal, sarana, pasar yang akan dituju dan apa yang mau dijual, ada baiknya sebagai pebisnis pemula wajib memiliki¬† hal-hal berikut…

1. Mental Wiraswatawan
Kehidupan wiraswatawan sangat bergantung kepada diri sendiri. Sangat berbeda dengan seorang karyawan. Seorang karyawan mempunyai kepastian penghasilan setiap bulanannya, walaupun hasil kerja yang diberikan tidak terlalu memuaskan. Nah, beda dengan pebisnis. Segala sesuatunya tergantung hasil kerja yang dilakukannya. Penghasilan yang mereka terima tidak menentu setiap bulannya. Kadang besar, tapi terkadang kecil tergantung kondisi pasar yang ada. Untuk menghadapi KONDISI YANG TIDAK PASTI (ketidakpastian) tersebut seseorang wiraswatawan harus memiliki mental pantang menyerah. Ia tidak boleh mudah menyerah dengan keadaan. Ia harus tetap berdiri tegak di tengah badai yang menerpanya. Justru badai tersebut yang akan memperkuat pondasinya sebagai waraswastawan. Ia harus kuat menjaga tujuan yang menjadi cita-citanya. Wiraswastawan harus mempunyai cita-cita (visi dan misi) yang ingin dicapainya, karena cita-cita itulah yang akan menjadi arah lokomotif untuk bergerak.

2. Kreatif
Sebagai seorang wiraswastawan harus bisa membaca situasi yang ada. Dengan memahami situasi yang berkembang, seorang wiraswastawan yang handal tidak dituntun oleh pasar TETAPI ia menciptakan peluang pasar sendiri bagi bisnisnya. Untuk dapat membuat peluang pasar sendiri diperlukan kreativitas dari seorang pebisnis/wirasawstawan tersebut. Kepekaan membaca peluang sampai menelurkan produk baru yang ditawarkan ke pasar adalah hal wajib yang dimiliki wiraswastawan. Ia akan bisa bertahan di tengah persaingan yang serba cepat dan kondisi tidak menentu. Tanpa kreatif, wiraswastawan tidak mempunyai roh kehidupan. Ia akan ditelan pasar yang terus berkembang.

3. Cerdas Secara Emosional
Sebagai manusia, kita harus menyadari bahwa diri merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itulah perlunya diri pribadi ini menyerahkan diri kepada Sang Maha Pemilik diri yaitu Tuhan semesta alam. Secara ilmu psikologipun, kecerdasan emosional sangat berpengaruh kepada keberhasilan kehidupan nyata. Nah, kecerdasan emosional dapat kita bentuk dengan pendekatan spiritual. Kecerdasaran ini sangat bermanfaat ketika calon dan/atau wirausahawan ingin mengambil keputusan strategis dan relatif rumit, termasuk dalam pemecahan permasalahan dalam kegiatan usaha sehari-hari.

4. Modal
Yang dimaksud dengan modal disini adalah uang, sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melakukan suatu usaha yang dapat dikerjakan dalam suatu periode tertentu. Modal tersebut dalam hal memperolehnya bisa dari pinjaman maupun milik sendiri atau kerjasama dengan pihak lain.

5. Kemauan Belajar
Dalam dunia usaha sudah menjadi kebiasaan tentang keadaan yang serba dinamis. Untuk mengatasi keadaan yang serba dinamis tersebut, seseorang wirausahawan harus mempunyai kebiasaan mau belajar agar dapat mengantisipasi setiap perkembangan.

Mudahan-mudahan artikel ini dapat menjadikan inspirasi kita semua. Aamiin YRA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *