Kendala Faktor Peserta Saat Pelatihan Usaha Kecil

AsikBelajar.Com | Kendala dari Faktor Peserta saat Pelatihan Usaha Kecil, seperti:

1. Motivasi rendah
Banyak pemilik usaha kecil yang menganggap program pelatihan sebagai acara yang membuang waktu dan tidak ada gunanya. Karena pola pikirnya demikian, pemilik usaha kecil tidak mau mengikuti pelatihan tersebut atau hanya mengutus salah seorang karyawannya saja untuk mengikuti pelatihan tersebut. Di sisi lain karyawan yang diutus banyak yang memiliki motivasi hanya sekedar terbebas dari pekerjaan sehari-hari di perusahaan yang menjenuhkan, atau karena takut disuruh majikan, atau yang penting mendapat uang transportasi dan uang makan saja.

2. Posisi peserta tidak sesuai
Tidak jarang pelatihan yang diselenggarakan misalnya tentang pembukuan bagi usaha kecil, tetapi posisi peserta yang mengikuti pelatihan tidak ada kaitannya dengan materi pelatihan. Utusan dari usaha kecil misalnya satpam, Office boy, bagian gudang, bahkan tidak mustahil yang diutus mengikuti pelatihan justru orang yang tidak lancar membaca dan menulis.

3. Karakteristik peserta beragam
Sehubungan dengan posisi peserta pelatihan beragam maka relatif akan menemukan kesulitan pada saat menyamakan persepsi saat pelatihan berlangsung.

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal.73-74.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *