Manfaat Program Konsultasi bagi Pengusaha Kecil

AsikBelajar.Com | Sebaiknya setelah selesai pelaksanaan pelatihan bagi usaha kecil ditindaklanjuti dengan program konsultasi. Konsultasi maksudnya adalah pembina usaha kecil yang terdiri dari unsur pemerintah, badan usaha dan masyarakat mendatangi perusahaan peserta pelatihan. Program konsultasi ini akan banyak manfaatnya bagi pengusaha kecil, antara lain:

1. Konsultan dapat memberikan informasi aktual dan terbaru
Informasi yang diberikan konsultan tentunya berkaitan dengan dunia usaha. Infomasi ini akan sangat berguna bagi pengusaha . kecil. Informasi yang diberikan dapat berupa peluang kredit modal kerja dari bank tertentu, informasi tentang sumber bahan baku yang baik dan murah, event ajang promosi dan pameran hasil produksi usaha kecil, program kemitraan dengan usaha besar, dan lain-lain. Tentunya informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengusaha kecil yang mengikuti program konsultasi sebagai peluang usaha yang baik.

2. Mengingatkan kembali materi pelatihan
Pada saat mengikuti pelatihan para pengusaha kecil umumnya memahami apa yang disampaikan oleh instruktur. Misalnya pada saat pelatihan tentang pembukuan sederhana bagi usaha kecil, semua peserta memahami dan berniat akan memulai serta membenahi pembukuan di perusahaan masing-masing. Tidak jarang niat untuk melakukan pembukuan sederhana tersebut gagal dilaksanakan setelah mereka tiba di perusahaan masing-masing. Alasannya sangat beragam, ada yang lupa lagi cara melakukan pembukuannya padahal waktu pelatihan sangat memahami. Alasan lain, merasa malas melakukan sesuatu yang baru (misalnya pencatatan atau pembukuan sederhana) karena aktivitas itu belum menjadi kebiasaan di perusahaannya. Tidak menutup kemungkinan pengusaha itu terlalu disibukkan dengan rutinitas di perusahaannya, sehingga pembukuan yang sudah direncanakan dilakukan menjadi diabaikan lagi. Dengan hadirnya konsultan ke perusahaan mereka akan mengingatkan kembali materi pelatihan dan meningkatkan motivasi bagi pengusaha kecil untuk selalu melakukan perbaikan, dan membimbing secara langsung aplikasi dari materi yang disampaikan saat pelatihan.

3. Memberikan alternatif solusi
Pada saat konsultan datang ke perusahaan binaannya, tidak menutup kemungkinan perusahaan tersebut sedang memiliki masalah. Pengusaha kecil dapat menyampaikannya kepada konsultan. Konsultan tersebut akan memberikan beberapa alternatif pemecahan masalah. Pengusaha kecil dapat memilih satu atau beberapa alternatif pemecahan masalah tersebut yang akan ditempuh sebagai solusi atas masalah yang sedang menghimpitnya.

4. Turut memberikan pertimbangan
Kehadiran konsultan ke perusahaan yang menjadi binaannya dapatdijadikan’ kesempatan oleh pengusaha kecil untuk meminta pertimbangannya. Mungkin pengusaha kecil sedang dihadapkan dengan beberapa pilihan dalam aktivitas usaha. Konsultan dapat memberikan pertimbangan tentang berbagai alternatif pilihan tersebut disertai dengan manfaat dan resiko masing-masing. Akhirnya pertimbangan yang diberikan oleh konsultan itu dijadikan oleh pengusaha kecil sebagai kajian dalam mengambil keputusan. Dengan demikian keputusan yang diambil diharapkan merupakan keputusan yang paling baik dalam rangka mengurangi kerugian, meningkatkan keuntungan, menjaga citra baik perusahaan, dan tentunya menjaga kesinambungan usaha.

Sumber: Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal. 81-83.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *