Mengenal Karakter Orang Banjar (Orang Banua)

AsikBelajar.Com | Suku Banjar adalah suku yang berada di pulau Kalimantan atau Borneo bagian Selatan, jadi suku Banjar berbeda dengan suku Dayak pada umumnya di palau Kalimantan. Analoginya adalah suku Sunda yang ada di Jawa Barat. Suku Sunda bukan suku Jawa, begitu juga suku Banjar bukan suku Dayak.

Walaupun secara geografis suku Banjar berasal dari Kalimantan Selatan, namun bukan berarti Kalimantan Selatan tidak memiliki suku Dayak yang khas. Suku Dayak mereka banyak ditemukan di seputar kawasan gunung Merarus, sehingga mereka disebut sebagai Dayak Meratus.

Karakteristik suku Banjar banyak dipengaruhi oleh budaya kerajaan Banjar dan kondisi geografis yang cenderung keras. Jika dilihat dari segi bahasa suku Banjar (biasanya disebut bahasa Banjar) terbagi dalam 2 bagian besar. Bahasa Banjar Hulu dan bahasa Banjar Kuala. Secara geografis, Banjar Hulu merupakan semua wilayah mulai Martapura sampai ke Tabalong. Sedangkan Banjar Kuala terdiri dari Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Mengenal karakter suku Banjar

Secara umum, inilah budaya, sifat karakter urang Banjar (sebutan orang Banjar) hasil dari pengamatan dan pengalaman penulis dalam bergaul dengan urang Banua (sebutan baru orang Banjar), yakni:

1. Agamis
Orang Banjar terkenal mempunyai karakter agamis karena masyarakatnya dominan beragama Islam. Pada bulan Ramadhan, Maulid dan bulan Islam lainnya masyarakat Banjar selalu mempunyai kebiasaan mengadakan acara seperti tadarus Qur’an dll.
Fakta lainnya adalah: Orang Banjar yang terkenal karena agamanya adalah Datuk Kalampayan, Guru Izai, dan Ustad Arifin yang ternyata masih dalam 1 garis keturunan (klik link disini).

2. Suka Berbisnis/Berdagang
Suku Banjar dikenal dengan suku yang suka berniaga. Ini terbukti dengan adanya sebaran orang Banjar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di luar negeri, khususnya di Arab Saudi.

3. Mudah percaya dan diperdaya
Dulu ada suatu kejadian yang banyak menimpa investor orang Banjar tentang bisnis pulsa.  Banyak investor lokal yang kena tipu. Termasuk dalam kasus berbisnis intannya si Raehan.

4. Polig*m*
Mungkinkah hal ini dipengaruhi oleh keadaan situasi yang agamis seperti halnya dengan masyarakat yang ada di Malaysia? Entahlah. Laki-laki orang Banjar yang kaya, biasanya mempunyai istri lebih dari satu. Namun sekarang lambat laun sudah mulai berkurang.

5. Suka ngumpul
Budaya orang Banjar lainnya yang unik adalah budaya mewarung. Penulis pernah melakukan pengamatan di daerah Martapura, sungai Jingah Banharmasin, Amuntai, dan Barabai tentang budaya mewarung ini. Waktu yang digunakan hampir bersamaan dengan waktu anak-anak mereka turun ke sekolah. Lucu memang. Sementara anak mereka berangkat ke sekolah, sebagian orang tuanya juga ramai ngumpul di warung sambil ngopi.

6. Suka spekulasi
Kejadian ini sekitar tahun 1984-1985.¬† Saat itu di Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang kupon sumbangan olah raga yang bernama SDSB/FORKAS. Saat itu di Banjarmasin maupun di beberapa kabupaten (kecuali Martapura) banyak berjualan loket-loket kangetan berjualan kupon tersebut. Suasananyapun seperti pasar malam. Pada malam tersebut biasanya orang-orang ramai bergadang menunggu pengundian kupon. Pada saat yang sama, tahun tersebut kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-qur’an) untuk anak-anak juga berhasil dilaksanakan. Dua kegiatan yang sebenarnya bertolak belakang.

7. Setia kawan
Pernahkah kalian mendengar orang Banjar bila berkelahi ada berundangan kepada teman-temannya? Itulah budaya Banjar tentang kesetia kawanan.

8. Suka Kuliner
Budaya kuliner identik dengan budaya orang Banjar. Ada Soto Banjar yang terkenal di Nusantara, ada juga Kue 40 macam yang akan menjamu lidah penduduk Banjar di saat bulan puasa atau di warung tertentu. Sampai sekarang masih ada warung yang terkenal di daerah Martapura dengan sebutan Warung Wadai 40 macam. Bahkan sudah menjadi jadwal rutin warga Banjar mengadakan pasar wadai tiap bulan Ramadhan/Puasa dan sudah menjadi agenda rutin pariwisata daerah.

Demikianlah budaya suku/orang Banjar yang ada di Kalimantan Selatan. Semoga dapat bermanfaat dan memberi inspirasi buat kita semua. Jika ada yang mau menambahkan atau mengoreksi silakan komentar ya. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *