Agar Orang Tua Jadi Konsultan Pendidikan Terbaik Anaknya

AsikBelajar.Com | Judul artikel di atas bukan berarti ingin meremehkan peran teman-teman yang sudah berkecimpung sebagai konsultan pendidikan. Artikel ini ingin memberikan inspirasi kepada semua oramg tua, bahwa mereka mempunyai potensi yang sangat potensial untuk membantu anak-anaknya menggapai cita-cita mereka. Asal mereka dapat memanfaatkan semua potensi yang dimiliknya.

Ada beberapa alasan kenapa orang tua adalah konsultan pendidikan terbaik bagi anaknya?
1. Orang tua mempunyai ikatan bathin sosial yang tidak dimiliki orang lain, terutama ibu yang melahirkan anaknya.
2. Orang tua (terutama ibu) mengetahui setiap terjadinya perubahan dalam setiap perkembangan dan pertumbuhan anaknya.
3. Orang tua mengerti kebiasaan, emosi, dan hal-hal yang menonjol maupun yang kurang pada anaknya.
4. Orang tua memahami kemampuannya dari segi finansial (keuangan). Ini nantinya berperan dalam mengarahkan jurusan SMA atau SMK, Universitas atau Diploma. Karena peran waktu dalam menjalani pendidikan erat hubungannya dengan besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Makin lama waktu belajar, makin besar biaya tang dibutuhkan.

Untuk dapat menjadikan diri Anda konsultan pendidikan anak, lakukan hal-hal berikut:
1. Kuncinya untuk menjadi konsultan anak bagi kedua orang tua adalah adanya komunikasi antara ayah dan ibu menyangkut pertumbuhan dan perkembangan anak.
2. Usahakan ayah dan ibu setiap kenaikan kelas untuk membaca dengan teliti raport anak. Buat analisa praktis tentang kekuatan dan kelemahan pada anak Anda.
3. Usahakan Anda selalu meng-update tentang informasi dunia pendidikan, baik di medsos maupun web-web pendidikan lainnya.
4. Jadikanlah waktu kumpul keluarga menjadi waktu yang benar-benar berkualitas, baik dari segi komunikasi dan isi pembicaraan termasuk hal-hal yang ingin anak-anak capai dalam ini cita-citanya.
5. Berilah alasan kepada anak Anda kenapa jurusan atau program studi itu yang menjadi pilihan Anda untuk dia, hal ini penting untuk kenyamanannya menjalani aktivitasnya kelak.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *