Organisasi Sebagai Struktur (Struktur Organisasi)

AsikBelajar.Com | Dalam artikel Organisasi sebagai Struktur (Struktur Organisasi) ini membahas 3 bagian, yaitu: definisi, tujuan, dan karakteristik struktur organisasi.

a. Definisi
Struktur (bagan) organisasi sebagai sistem formal dari hubungan aturan-aturan dan tugas serta keterkaitan otoritas yang mengontrol tentang cara orang bekerja sama dan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

b. Tujuan
Struktur organisasi bertujuan (1) sebagai ciri-ciri khas organisasi yang digunakan untuk mengendalikan orang-orang yang bekerja sama dan sumber daya organisasi dalam mencapai tujuan; (2) mengendalikan koordinasi dan motivasi; (3) mengarahkan perilaku orang-orang dalam berorganisasi; (4) merespons pemanfaatan lingkungan, teknologi dan sumber daya manusia, serta mengembangkan organisasi.

c. Karakteristik Struktur Organisasi
Karakteristik struktur organisasi menurut teori birokrasi (Weber, 1964) antara lain 1) menekankan pada bentuk, 2) konsep hierarki, 3) spesialisasi tugas, 4) kegiatan khusus, 5) mendukung norma, dan 6) catatan. Sedangkan karakteristik struktur organisasi menurut Jones, (1995) antara lain 1) sistem formal yang mengontrol pemanfaatan SDM, koordinasi, motivasi, perilaku, dan organisasi, 2) respons terhadap lingkungan, teknologi, dan SDM, 3) pertumbuhan organisasi dan diferensiasi, dan 4) pengatur perubahan melalui desain organisasi.

Baca juga: Desain Struktur Organisasi

Sumber:
Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hal.168-169.

Keyword terkait:
pengorganisasian dalam manajemen, pengorganisasian dan struktur organisasi, pengorganisasian dan organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *