Penelitian Deskriptif Murni atau Survei: Pengertian & Contoh

By |

AsikBelajar.Com | Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian yang benar-benar hanya memaparkan apa yang terdapat atau terjadi dalam sebuah kancah, lapangan atau wilayah tertentu. Data yang terkumpul diklasifikasikan atad dikelompok-kelompokkan menurut jenis, sifat, atau kondisinya. Sesudah datanya lengkap, kemudian dibuat kesimpulan,

Contoh: Sebagai salah satu contoh penelitian deskriptif mumi adalah penelitian tentang keadaan sebuah desa nelayan. Oleh peneliti dipaparkan luas daerah, keadaan geografis, banyaknya keluarga, banyaknya penduduk, kebiasaan mencari ikan, alat-alat yang digunakan, hasil rata-rata setiap hari, modal yang pernah diterima dari pemerintah, kehidupan keluarga, pendidikan anak-anak nelayan, dan sebagainya. Semua data dipaparkan secara lugas apa adanya, selanjutnya disusun laporan penelitiannya. Dari laporan tersebut, mungkin ada pihak-pihak atau pemerintah yang ingin berbuat sesuatu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Penelitian deskriptif murni yang dilaksanakan dalam kancah yang luas disebut dengan istilah survei. Jenis penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data sebanyakbanyaknya, biasanya dimaksudkan sebagai penelitian pendahuluan yang akan ditindaklanjuti dengan upaya lain, misalnya akan membangun dam besar, membangun pasar, dan lain-lain, sehingga survei tersebut merupakan amdal (analisis dampak lingkungan), untuk mengetahui kelayakan suatu tempat untuk dilakukan pembangunan tertentu. Agar pembangunannya aman dan betul, terlebih dahulu dilakukan penelitian terkait dengan keadaan lingkungan, kesepakatan penduduk, dan lain sebagainya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.3-4.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *