Pengertian Korelasi Dalam Ilmu Statistik

AsikBelajar.Com | Kata “korelasi” berasal dari bahasa Inggris correlation. Dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan: “hubungan”, atau “saling hubungan”, atau “hubungan timbal-balik.”

Dalam Ilmu Statistik istilah “korelasi” diberi pengertian sebagai “hubungan antardua variabel atau lebih.”

Hubungan antardua variabel dikenal dengan istilah: bivariate correlation, sedangkan hubungan antarlebih dari dua variabel disebut multivariate correlation.

Hubungan antardua variabel misalnya hubungan atau korelasi antara prestasi studi (variabel X) dan kerajinan kuliah (variabel Y); maksudnya: prestasi studi ada hubungannya dengan kerajinan kuliah. Hubungan antarlebih dari dua variabel, misalnya hubungan antara prestasi studi (variabel Xl) dengan kerajinan kuliah (variabel X2 , keaktifan mengunjungi perpustakaan (variabel X3) dan keaktifan berdiskusi (variabel X 4).

Dalam contoh di atas, variabel prestasi studi disebut dependent variable, yaitu variabel yang dipengaruhi; sedangkan variabel kerajinan kuliah, keaktifan mengunjungi perpustakaan, dan keaktifan berdiskusi disebut independent variable, yaitu variabel bebas, dalam arti: bermacam-macam variabel yang dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi studi.

Sumber:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal.179-180.

Keyword terkait:
definisi penelitian korelasional, statistik inferensial, penelitian kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *