Tahap-Tahap Kewirausahaan

AsikBelajar.Com – Berikut resume dari buku Daryanto yang berjudul Pendidikan Kewirausahaan mengenai  tahap-tahap kewirausahaan, yakni:

  1. Tahap imitasi dan duplikasi (imitating and duplicating). Pada tahap ini, para wirausaha meniru ide-ide orang lain, baik dari teknik produksi, desain, proses, organisasi usaha dan pola pemasarannya.
  2. Tahap duplikasi dan pengembangan (duplicating and developing). Pada tahap ini para wirausaha mulai mengembangkan ide-ide barunya, walaupun masih masih dalam perkembangan yang lambat dan cenderung kurang dinamis.
  3. Tahap menciptakan sendiri produk baru yang berbeda (creating new and different). Pada tahap ini wirausaha sudah mulai berpikir untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi, dengan cara menciptakan produk yang baru dan berbeda. Hal ini didasarkan karena wirausaha sudah mulai bosan dengan proses produksi yang ada, keingintahuan dan ketidakpuasan terhadap hasil yang sudah ada.

Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar addalah kekuatan peranan dalam berinovasi dan menciptakan ide-ide brilian dalam menembus market share.

Inovasi tidak harus menciptakan produk baru, tetapi dapat berwujud apa saja, mulai jasa maupun produk. Caranya dengan melalukan pengamatan pada jasa atau produk yang sudah ada, kemudian dimodifikasi untuk membuat lebih baik atau melahirkan produk baru, dengan prinsip ATM (Amati – Tiru – Modefikasi)…1)

Info lainnya:

Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha sebagai berikut:

1) Tahap memulai
Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ‘’franchising’’. Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri, atau jasa.

2) Tahap melaksanakan usaha
Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.

3) Tahap mempertahankan usaha
Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

4) Tahap mengembangkan usaha
Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil…2)

Sumber:
1) Daryanto, 2012. Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media. hal. 15.

2) http://pusdiklathut.org/ diakses 27/6/2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *