Tips Praktis Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis Rumahan

AsikBelajar.Com | Dalam dunia bisnis / wirausaha selalu berhubungan dengan kondisi ketidakpastian akan keadaan yang dihadapi pelakunya, sehingga sipelaku harus benar-benar dapat menyesuaikan dengan keadaannya. Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari usaha rumahan yang sudah kita bangun atau bisnis yang sedang kita jalankan. Tips dalam artikel ini merupakan pengalaman dalam menjalankan usaha rumahan tersebut.

Bisnis Rumahan

Setelah bisnis tersebut kita bangun, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mempertahankannya dari gelombang rintangan dan cobaan yang ada serta mengembangkan usaha atau bisnis rumahan tersebut. Ikutilah tips di bawah ini yang kami tulis berdasarkan pengalaman yang dimiliki..

  1. Evaluasi Terus-Menerus (Evaluation): sebaiknya buat jadwal evaluasi secara periodik, misalnya setiap tiga bulan, enam bulan dan satu tahun. Evaluasi tiga bulanan gunanya adalah untuk mengantisipasi kesalahan atau adanya perubahan harga-harga bahan dasar atau bisa juga untuk mengadakan barang-barang yang belum tersedia namun banyak dicari pelanggan termasuk evaluasi mitra kerja. Evaluasi enam bulan lebih kepada perhitungan untung rugi ataukah impas (break even point) serta menentukan langkah yang akan dilakukan. Sedangkan evaluasi satu tahun digunakan untuk menentukan langkah apakah bisnis yang ada lanjut atau tidak. Hal ini setelah melakukan evaluasi untung rugi dan prospek bisnis kedepannya.
  2. Adakan Perbaikan (Improvement): setelah data hasil evaluasi didapat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan kepada hal-hal yang menjadi catatan evaluasi. Contoh: mencari mitra baru dalam hal pemasok barang-barang dll termasuk sistem pembayaran yang dilakukan dengan mitra tersebut. Jika barang-barang jualan Anda dalam jumlah yang banyak, lakukan perbaikan pada sistem stock yang Anda lakukan selama ini. Untuk modal perlu mendapat perhatian khusus, apakah perlu penambahan modal lagi atau tidak dalam pengembangan selanjutnya,.
  3. Adakan Terobosan Baru Terhadap Barang: lakukankan modifikasi terhadap barang-barang dan produk Anda sehingga menjadi beda dengan yang ada di pasaran.
  4. Lakukan Pemeliharaan Terhadap Pelanggan Setia: berilah layanan yang istimewa terhadap pelanggan setia Anda. Hal ini penting sebagai komunikasi bisnis Anda dengan mereka dan hal tersebut termasuk sebagai sponsor terselubung.
  5. Tetap Berdoa: dalam setiap usaha sebaiknya dilengkapi dengan doa dengan memanjatkan permohonan agar usaha kita berjalan dengan lancar sesuai harapan kita.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *